Jakarta – Sejak debut pada Januari lalu, Maka Motors tancap gas untuk makin membesarkan namanya di Tanah Air. Pabrikan motor listrik asli Indonesia itu, mewujudkan komitmennya perkuat ekosistem kendaraan elektrifikasi lewat peresmian lima jaringan distribusi Maka Showroom.
“Waktu acara launching, saya sempat menyampaikan bahwa kami akan buka lima showroom di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi). Jadi peresemian ini merupakan perwujudan kami mengenai komitmen tersebut. Lima showroom sekaligus yang kami buka hari ini, yakni di Radio Dalam Jakarta Selatan, Bekasi, Depok, Kelapa Gading Jakarta Utara dan Gading Serpong Kabupaten Tangerang,” papar Raditya Wibowo, CEO Maka Motors ketika ditemui di cabang Radio Dalam, kemarin (10/2).
Menjadi merek otomotif yang masih seumur jagung, memang memerlukan sorotan. Seperti Maka Showroom Radio Dalam Jakarta Selatan misalnya, bangunannya dikelir berwarna biru yang cukup mencolok untuk menarik perhatian banyak pasang mata.
“Jadi harapannya, orang melihat langsung tertarik dan ingin masuk. Ini bagian dari experience untuk pengunjung, karena memang kalau ingin menjual motor di Indonesia itu bukan hanya produknya saja, tetapi juga ekosistemnya lewat pelayanan purnajual. Dan itu dimulai dari showroom yang nyaman, bersih dan rapi,” lanjut Dito, sapaan akrab Praditya.
Soal pemilihan lokasi Maka Showroom juga tidak sembarangan. Dito menambahkan, bahwa “Kami memilih lokasi awal showroom berdasar potensi permintaan. Kalau diperhatikan showroom kami banyak yang dekat sama daerah residensial, tempat banyak orang tinggal, sehingga banyak yang berkunjung. Harapannya memang banyak yang berminat dan banyak yang penasaran juga.”
Saat ini, kelima Maka Showroom dioperasikan langsung oleh Maka Motors selaku agen pemegang merek. Pabrikan ini menyediakan layanan lengkap 3S (sales, services, spareparts) ditambah 1C (charging) yang cukup berguna bagi para penggunanya.
![Maka Showroom](https://otobisnis.id/wp-content/uploads/2025/02/Fast-charging-Maka-Motors-di-showroom.jpg)
“Untuk showroomnya sendiri, fasilitasnya ada 3S plus 1C, yang pertama tentunya sales, jadi siapapun yang datang bisa mencoba motornya dan ngobrol dengan tim sales untuk membeli. Kedua adalah layanan service dengan on-board diagnostic, dan yang ketiga sparepart. Sementara C-nya itu, adalah charging. Jadi kami ingin memberikan pengalaman menggunakan fast charger Maka,” lanjut Dito.
Sementara itu, Ghalila Gumai selaku CMO Maka Motors menambahkan, “Di tahun ini, kami juga akan menyediakan layanan charging di tempat-tempat umum. Untuk sekarang sih gratis karena kami inginnya orang-orang adopsi (kendaraan listrik) terlebih dahulu. Tapi kalau di showroom Maka pasti gratis ya, gratis terus.”
Kehadiran showroom memang menjadi bukti komitmen perusahaan untuk perkuat ekosistem kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Tak hanya itu, Maka Motors menyediakan layanan purnajual yang memanjakan penggunanya, seperti garansi baterai, controller, dan dinamo selama 3 tahun atau 150 ribu kilometer, serta garansi komponen mekanikal umum selama 1 tahun setara 10 ribu kilometer.
“Kami juga punya Maka SOS, kalau pengguna ada yang mengalami di jalan, bisa menghubungi customer service dan tim akan menjemput pengguna tersebut. Selain itu, kalau misalnya pengguna ada yang sibuk dan tidak ada waktu, kami juga ada layanan Maka Home Service, jadi bisa service di rumah, tinggal jadwalin saja,” tutup Ghalila.**