Jakarta — Chery International tertarik untuk memboyong Lepas, yang merupakan sub-brand baru dari Chery, ke Indonesia. Tujuannya demi memperkuat eksistensinya.
Hal ini dikatakan langsung oleh Zhang Guibing, Presiden Chery International, dalam seremonial serah terima 100 unit pertama Chery Tiggo 8 CSH pada Sabtu (24/5/2025), di Jakarta.
Zhang mengatakan, Lepas merupakan salah satu merek yang punya potensi, dan tepat untuk dihadirkan di Indonesia, yang tentunya akan menjadi pilihan baru untuk para konsumen.
“Tentu saja, saya pikir ini juga merupakan brand utama dari Chery. Kami akan menemukan waktu yang tepat untuk mengenalkannya ke pasar,” katanya.
Pernyataan Zhang diperkuat Budi Darmawan yang merupakan Direktur Penjualan PT Chery Sales Indonesia (CSI), di mana sub-merek baru akan dikenalkan di Indonesia tahun ini.
Hanya saja belum bisa dipastikan apakah dibawa sebagai pengenalan merek untuk tahap awal, atau langsung peluncuran resmi. Ada kemungkinan tahun ini dikenalkan dan mulai penjualan pada 2026.
Perlu diketahui, jika Lepas dikenalkan pertama kalinya di “2024 Chery International User Summit”, pada 17 Oktober 2024, di Wuhu, China. Jajaran mobil Lepas akan dirancang untuk kaum elit perkotaan generasi mendatang yang berfokus pada keluarga.
Chery Group akan menunjukkan komitmennya untuk mempercepat elektrifikasi penuh dan kecerdasan global pada model-model Lepas yang akan dibangun di atas platform elektrifikasi canggih. Sub-brand ini akan menawarkan berbagai SUV ramah keluarga global.
Mereka akan dibangun pada arsitektur QPower, yang mendukung berbagai sumber energi, termasuk mesin pembakaran internal tradisional, hibrida plug-in, dan opsi listrik murni. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman berkendara yang bertenaga, efisien, dan cerdas yang memenuhi kebutuhan mobilitas kaum elit perkotaan di seluruh dunia.
Pada 27 April 2025, di Wuhu, Zhang Guibing, President, Chery International, mengumumkan, lima model dalam tiga tahun mendatang. Peluncuran produk dimulai dari SUV yang penuh terobosan, Lepas L8, pada Desember 2025, disusul SUV Kelas A Lepas L6 yang menyasar para konsumen perkotaan, serta SUV gesit Kelas A0 Lepas L4 yang didesain khusus untuk pengemudi perempuan yang menggemari mode. Di Auto Shanghai 2025, tiga model tersebut diungkap.
Lepas akan berekspansi global lewat beragam strategi dengan target membangun 1.200 gerai penjualan di seluruh dunia, serta produksi tahunan dan volume penjualan 500.000 unit. Maka, target ini juga menciptakan peluang pertumbuhan baru bagi mitra-mitra bisnis.
Lepas L8 disebut-sebut akan jadi produk perdananya di pasar global, termasuk untuk Indonesia kelak. Lepas L8 merupakan sebuah SUV bongsor dengan banyak piranti canggih di dalamnya.
Sebagai informasi, Chery International memiliki beberapa sub-merek yakni Chery, Omoda, Jaecoo, iCar dan Lepas. Saat ini yang sudah aktif berniaga di Indonesia adalah Chery, Omoda dan Jaecoo.
Beberapa waktu lalu Zhang juga menyebut, adanya banyak merek dalam Chery Group adalah untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan para konsumen. ##