Rabu, Juni 4, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Mobil Listrik dan LCGC akan Kian Diminati

by Indra Prabowo
Januari 31, 2024
Mobil LCGC Honda Brio Satya

Mobil LCGC Honda Brio Satya

Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA — Mobil-mobil yang tergolong sebagai Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar Harga dan Terjangkau (KBH2) atau lebih dikenal dengan nama Low Cost and Green Car (LCGC) masih menjadi primadona di pasar otomotif nasional.

Sejak program LCGC diluncurkan oleh Pemerintah pada semester II 2013 langsung mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan menjadi salah satu pilar terkuat pasar otomotif Indonesia. Program ini sendiri dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan mobil-mobil harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan.

Dalam empat tahun terakhir (2020-2023), pangsa pasar mobil LCGC menguasai sekitar 18% dari total pasar otomotif nasional dan terus meningkat.

Baca Juga :

Segera Meluncur, Ini Bocoran Harga Xpeng X9 dan G6

Berlimpah fitur, Suzuki Fronx jadi trendsetter di kelasnya

Tertarik beli Palisade Hybrid? Pesan saja di Hyundai Gowa

“Terjadi peningkatan penjualan mobil LCGC dalam kurun waktu 4 tahun belakangan, dari 104,650 unit, 146,520 unit, 158,206 unit dam terakhir tahun lalu membukukan 204,705 unit,” ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), dalam diskusi FORWOT (Forum Wartawan Otomotif Indonesia), di Jakarta, pada 16 Februari 2024.

Dia melanjutkan bahwa peningkatan penjualan mobil LCGC mencerminkan daya beli masyarakat tumbuh, sekaligus berharap adanya varian baru di segmen ini agar market share dan volumenya bertambah.

Di lain kesempatan, Riyanto, peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), mengatakan kepada Antaranew.com, bahwa mobil LCGC masih akan menjadi pilihan masyarakat pada tahun ini.

“Mobil LCGC masih diminati, terutama untuk pemilik mobil pertama dengan dana tidak besar. Mobil segmen ini menyasar kalangan muda dan keluarga muda,” kata ujar Doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Mobil segmen LCGC akan tetap dilirik karena faktor ekonomis dan efisiensi bagi para konsumen. Keberadaan mobil LCGC menjadi pilihan bagi para konsumen yang tengah berhemat.

Saat ini, terdapat 3 jenama Jepang yang bermain di LCGC yakni Toyota dengan Agya dan Calya; Daihatsu mengandalkan Ayla dan Sigra; serta Honda Brio Satya.

Wuling BinguoEV
Mobil Listrik Wuling BinguoEV

Riyanto pun menyoroti kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV). Dia memprediksi mobil-mobil bermodal baterai akan semakin diminati di masa depan.

Gaikindo menyatakan penjualan mobil listrik berbasis baterai meningkat dengan pesat. Sepanjang tahun 2023 mencapai 17,051 unit, di mana pada tahun sebelumnya 10,327 unit. Sementara pada tahun 2021 penjualan BEV di Indonesia sebanyak 687 unit dan pada tahun 2020 hanya 125 unit.

“Terlepas dari harga kendaraan listrik masih relatif mahal, namun penjualannya naik dari tahun-ke-tahun di Indonesia,” ujar Kukuh Kumara.

BEV merupakan ‘mahluk' baru bagi konsumen-konsumen Indonesia sehingga mendorong rasa penasaran mereka untuk memiliki. Dan, tentu saja karena mobil listrik menjanjikan biaya perawatan dan operasional jauh lebih murah dibandingkan mobil berbahan bakar minyak (BBM), membuatnya semakin diminati.

Dari 15-25 Februari 2024, bagi Anda yang ingin membeli mobil LCGC atau mobil listrik, dapat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di Jakarta International Expo (JIEXPO). Pameran otomotif bertaraf internasional tersebut akan menampilkan 21 jenama (brand) mobil dan menawarkan berbagai promo penjualan dan pembiayaan untuk para pengunjung.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai mitra bank bersama Adira Finance sebagai mitra multi pembayaran, yang didukung oleh MUFG berkomitmen membantu para konsumen Indonesia untuk mendapatkan kendaraan impian.

“Sesuai dengan komitmen Danamon untuk tumbuh bersama dan hadir di setiap langkah dan tahap kehidupan nasabah, kami kembali hadir di IIMS 2024 bersama Adira Finance dan MUFG untuk membantu masyarakat agar bisa memiliki kendaraan impian mereka di tengah kondisi ekonomi yang menantang ini dengan menawarkan berbagai promo dan program pembiayaan spesial,” kata Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Nah, promo dan program pembiayaan apa saja selama IIMS 2024? Silakan kunjungi pameran. ##

Tags: Adira FinanceBank DanamonDanamonIIMS 2024Mobil LCGCMobil Listrik
Previous Post

Penjualan Toyota Group 2023 Naik, Tahun Ini Terancam Stagnasi

Next Post

Volvo Luncurkan Truk Tugas Berat Hemat Energi FH Aero

Related Posts

Xpeng G6 dan Xpeng X9
Berita

Segera Meluncur, Ini Bocoran Harga Xpeng X9 dan G6

Juni 4, 2025
Suzuki Fronx
Berita

Berlimpah fitur, Suzuki Fronx jadi trendsetter di kelasnya

Juni 4, 2025
Hyundai Palisade Hybrid
Berita

Tertarik beli Palisade Hybrid? Pesan saja di Hyundai Gowa

Juni 4, 2025
Omoda C9 PHEV
Berita

Omoda C9 PHEV superirit BBM

Juni 3, 2025
Diton raih penghargaan Top Brand Award 2024
Berita

Diton Raih Penghargaan Top Brand Award 2024

Juni 3, 2025
Mikuni
Berita

Mikuni dan Suzuki kembangkan kendaraan listrik

Juni 3, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.