JAKARTA – Produsen ban asal Jepang, Bridgestone, mengumumkan Laporan Berkelanjutan tahun 2020-2021. Dalam laporan tahunan Bridgestone, mereka mengumumkan bahwa ini adalah tonggak penting dalam pencapaian perjalanan group sebagai solusi yang berkelanjutan.
Sebagai salah satu komitmen perusahaan dalam memberikan solusi untuk lingkungan, Bridgestone, juga ikut melebarkan sayap mereka ke luar bisnis dengan menghadirkan beberapa layanan terkait nilai bagi masyarakat.
“Grup juga akan melakukan berbagai kegiatan yang berkontribusi bagi masyarakat di luar domain bisnis kami, untuk menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan untuk menciptakan nilai bersama lebih lanjut,” jelas Global CEO dan Representative Executive Officer, Shu Ishibashi, dalam keterangan resminya.
Melalui laporan tahunan Bridgestone yang dirilis, mereka mengumumkan ada lima poin yang disampaikan, antara lain:
1. Kontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Dipandu oleh misi “Serving Society with Superior Quality,” dan komitmen global CSR “Our Way to Serve”, Bridgestone mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam budaya, strategi bisnis, dan operasinya.
2. Realisasi dari Strategi Bisnis Menengah Jangka Panjang
Laporan ini mencakup target kuantitatif dan inisiatif terperinci dari Strategi Bisnis Menengah Jangka Panjang dan Rencana Bisnis Jangka Menengah (2021-2023), memberikan peta jalan bagi Bridgestone yang kokoh dan berkelanjutan.
Selanjutnya, melalui Kerangka Kerja Bisnis Keberlanjutan, Grup bertujuan untuk membangun model bisnis di mana nilai bisnis, seperti pendapatan dan keuntungan, dihasilkan secara berkelanjutan. Ini termasuk upaya menuju ekonomi yang berputar dan mencapai netralitas karbon di semua bisnis Grup mulai dari memproduksi dan menjual, hingga memberikan nilai pada penggunaan dan pembaharuan ban.
3. Pembaruan Milestone 2030
• Penetapan Tujuan Konkrit untuk Mencapai Netralitas Karbon Bridgestone telah mengumumkan tujuannya untuk mencapai netralitas karbon dalam visi lingkungan jangka panjangnya pada tahun 2050 dan seterusnya, bersamaan dengan target untuk mengurangi emisi CO2 absolut sebesar 50% di tahun 2030 dibandingkan dengan level emisi pada tahun 2011.
• Pengungkapan Emisi CO2 dan Tingkat Penggunaan Energi Terbarukan Keberhasilan Grup dalam mengurangi total emisi CO2 sebesar 31% di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2011 dan penggunaan energi terbarukan untuk sekitar 11% dari konsumsi energi globalnya.
• Pengumuman Target Global Pemanfaatan Energi Terbarukan Bridgestone telah menetapkan sasaran untuk mendapatkan lebih dari 50% dayanya dari energi terbarukan (listrik) pada tahun 2023 dan menyatakan komitmennya terhadap peningkatan penggunaan energi terbarukan di masa mendatang.
4. Membangun Kepercayaan untuk Menyebarkan Pembentukan Nilai Bersama
Guna menjalankan Kerangka Bisnis Keberlanjutan, pembentukan nilai bersama dengan pelanggan dan mitra sangat penting. Laporan ini memperkenalkan berbagai kegiatan kontribusi sosial Grup untuk menumbuhkan kepercayaan dan menunjukkan komitmennya untuk menjadi mitra dalam berkreasi.
5. Dasar-dasar Manajemen Bridgestone
Enam Dasar-Dasar Manajemen Grup merupakan wujud komitmennya untuk menciptakan nilai bagi masyarakat dan pelanggan. Dalam laporan tersebut, perwakilan dari Dewan Direksi Grup, Nominating Committee, Komite Audit dan Komite Kompensasi berbagi perspektif mereka dalam sebuah dialog, dan memperkenalkan tata kelola Grup.
“Adalah peran dan tanggung jawab Grup untuk memenuhi tanggung jawab kami untuk masa depan, seperti berkontribusi pada pencapaian SDGs dengan misi “Serving Society with Super Quality”. Kami ingin mengundang semua pemangku kepentingan untuk bergabung dalam perjalanan keberlanjutan kami dan percaya bahwa laporan ini merupakan langkah penting karena menghadirkan transparansi dan akuntabilitas,” tandas Shu Ishibashi. ##