Tokyo — Dalam Q&A session pada Financial Results FY2025 press briefing Toyota Motor Corporation (TMC), pada 8 Mei 2025, seorang wartawan mengajukan pertanyaan yang membuat suasana menjadi tegang. Pertanyaan tersebut mengusik dirinya dan banyak orang sebenarnya selama ini.
“Akhir-akhir ini, rasanya kita jarang melihat mobil-mobil yang sesuai dengan selera Presiden Koji Sato—menggairahkan dan fun to drive. Apa pendapat Anda tentang hal ini?” tanya seorang wartawan, yang merupakan penanya terakhir.
Seperti dikutip dari Toyota Times, suasana yang tadinya agak tegang tiba-tiba menjadi lebih cerah, dan bahkan suara President, Chief Executive Officer TMC pun terdengar lebih ceria.
“Saya juga merasakan hal yang sama, dengan kata lain, Anda benar sekali. Mobil bukanlah mobil jika tidak menyenangkan. Itulah sebabnya kami tidak akan pernah membiarkan mobil-mobil kami menjadi komoditas (Produk yang sulit dibedakan dari banyak penawaran serupa di pasaran, karena perusahaan atau merek tersebut telah kehilangan keunikan dan daya tariknya),” ujar Koji Sato, dalam menjawab pertanyaan seorang wartawan pada acara Financial Results FY2025 press briefing, di Tokyo, pada 8 Mei 2025.
Menurut insinyur teknik mesin dari Universitas Waseda ini, lewatlah sudah hari-hari ketika segala sesuatu ditentukan oleh pemikiran otak kiri yang logis, dan mobil-mobil terjual hanya dengan spesifikasi katalog yang lebih baik.
“Kita tidak bisa lagi menjual mobil-mobil hanya dengan pembaruan model, efisiensi bahan bakar yang sedikit lebih baik, atau desain baru. Itu semua bergantung pada hasrat Anda untuk membuat produk-produk yang menyentuh hati orang. Tentu saja, sportscar harus ramping, tetapi kecuali hasrat yang sama dapat ditemukan pada jenis-jenis mobil lain, Anda tidak akan dapat menjangkau pelanggan,” lanjut pria yang memulai karirnya di TMC sejak tahun 1992.
Pria yang menjabat sebagai CEO TMC sejak April 2023 itu meyakinkan publik bagwa dirinya mencoba menanamkan pola pikir seperti ini pada setiap tim proyek TMC.
“Itulah Toyota yang ingin saya ciptakan, dan saya akan terus mengerjakannya tahun ini. Tidak diragukan lagi kita akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbicara tentang mobil-mobil yang menarik ketika waktunya tepat.”
Dalam penyampaian Financial Results FY2025 (dari 1 April 2024 hingga 31 Maret 2025), TMC meraih beberapa hal positif: sales revenue ¥48 triliun; penjualan kendaraan >10 juta unit, produksi kendaraan ±9,67 juta kendaraan.
Toyota Motor Corporation pun menambah investasi dalam urusan sumberdaya manusia, pemasok, dealer, hidrogen, BEV, dan lain-lain, menjadi 745 miliar yen sepanjang FY2025, di mana pada FY2024 diumumkan 700 miliar yen. ##