Jumat, Juni 6, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

DCVI Ingatkan Bahaya Penggunaan Klakson Telolet

by Arbi Darmawan
Maret 9, 2024
klakson telolet

Ilustrasi

Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA — Di tengah kemeriahan bunyi klakson telolet bus ternyata ada bahaya yang mengintai. Pasalnya penggunaan klakson telolet menggunakan tenaga angin, kesalahan instalasi bisa berpengaruh pada sistem pengereman.

Hal ini diungkapkan langsung oleh  M Thoyib, Bus Builder Advisor PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) dalam diskusi di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Show (GIICOMVEC) 2024, kemarin (8/3/2024), Jakarta.

“Sebenarnya kami peduli dengan klakson telotet, terkait electrical (kelistrikan) yang tidak sesuai dengan panduan kami. Itu berpotensi menghadirkan kegagalan fungsi kendaraan,” kata Thoyib.

Baca Juga :

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

Lebih lanjut, klakson telolet menggunakan tenaga angin. Kalau instalasinya mengambil tenaga angin yang salah akan berdampak pada sistem pengeraman tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Thoyib juga mengatakan hal ini memang menjadi hiburan bagi mereka yang mendengar, ditambah jika anak – anak mendengar alunan klakson tentu akan gembira. Dalam hal ini pihak Daimler Commercial Vehicle Indonesia tidak dapat melarang pemasangan klakson telolet dan lampu warna warni pada kaca depan.

“Sebetulnya tanggapan kami terhadap klakson telolet dan modifikasi lampu saya melihatnya dari sisi teknis regulasi dan lainnya. Kalau dari sisi lain, itu adalah keceriaan di tengah padatnya lalu lintas, jadi seolah memberi kebahagiaan bagi penikmat atau kelompok penggemar bus. Untuk di lampu ini kami lebih kritis lagi. Jadi kalau di bus atau di karoseri, ada kalkulasi jadi elektrikal itu dianalisis bebannya berapa, lampunya berapa, dan kapasitas akinya berapa itu jangan sampai tekor. Karena kalau sampai tekor, atau salah ambil sumber listriknya itu bisa kebakaran atau lain-lain,” tambah Thoyib.

Sementara itu Yusa Cahaya Permana, Ketua MTI wilayah DKI Jakarta mengatakan belum ada regulasi spesifik yang mengatur klakson telolet dan tambahan lampu.

“Kalau ingin diatur dengan regulasi yang ada sekarang tinggal diterapkan dan tinggal pasang rambu tidak boleh klakson,” tutup Yusa.

Penggunaan klakson telotet memang sering tidak memerhatikan lokasi. Banyak sopir bus yang menyalakannya di sekitar lokasi-lokasi terlarang seperti sekolah, rumah ibadah dan rumah sakit. Tentu saja ini sangat mengganggu. ##

Tags: Bahaya Klakson TeloletDaimler Commercial Vehicle IndonesiaGIICOMVEC 2024Klakson TeloletKlakson Telolet Bus
Previous Post

Kuota Chery Omoda E5 untuk Harga Spesial Ditambah

Next Post

BYD Klaim e-Platform 3.0 Super Efisien dan Aman

Related Posts

Perawatan Motor
Berita

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Juni 6, 2025
Dustin Tiffani
Berita

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Juni 6, 2025
Toyota Fortuner Hybrid
Berita

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

Juni 5, 2025
Vespa Sprint Tech
Berita

Vespa Sprint Tech bisa dipesan sekarang

Juni 5, 2025
Sauna Bertenaga Hidrogen Toyota
Berita

Toyota & Harvia pamer konsep sauna bertenaga hidrogen

Juni 5, 2025
Xpeng G6 dan Xpeng X9
Berita

Segera Meluncur, Ini Bocoran Harga Xpeng X9 dan G6

Juni 4, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.