JAKARTA — Toyota mengklaim berhasil mendominasi pasar kendaraan berlistrik di Indonesia pada tahun 2023 sebesar 52,8%. Penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota (termasuk Lexus) meningkat dari 332.443 unit pada tahun 2022 menjadi 339.292 unit di tahun 2023.
Market share PT Toyota-Astra Motor (TAM) turut meningkat dari 31,7% pada tahun 2022) menjadi 33,7% pada tahun 2023.
Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit). Sebuah catatan sejarah penting, penjualan xEV Toyota meningkat tajam lebih dari 8 kali lipat dari 4.436 unit (2022) menjadi 37.736 unit (2023).
Sebagai informasi tambahan Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan Hybrid EV Toyota produksi Indonesia.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada mobility solution Toyota sehingga whole sales 2023 dapat meningkat. Peluncuran all-new Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV (Hybrid Electric Vehicle) yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami. Semoga dengan kian lengkapnya pilihan model baru Toyota khususnya xEV tahun ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda-empat serta menghadirkan ever better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
TAM menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Sejalan meningkatnya awareness masyarakat perihal pentingnya eco-friendly vehicle untuk kehidupan yang lebih baik, xEV mulai memperoleh sambutan positif di Indonesia, khususnya selama 3 tahun terakhir. Data menunjukkan kenaikan signifikan penjualan xEV Toyota dari hanya 1.935 unit (0,7% dari total penjualan Toyota) di tahun 2021, menjadi 4.436 unit (1,3%) di tahun 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit (11,1%) di tahun 2023.
Sebagai model xEV paling populer di masyarakat, kontribusi penjualan Hybrid EV di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023). Perubahan mendasar yang revolusioner bermodalkan aplikasi platform baru dan opsi hybrid powertrain pada MPV idaman keluarga Indonesia ini, menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa sejak diluncurkan pada akhir 2022 lalu.
Selain Hybrid, xEV jenis Battery Electric Vehicle (BEV) yaitu Toyota bZ4X yang merupakan BEV Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia penjualannya telah mencapai 479 unit di tahun 2023. Menggunakan all new platform e-TNGA khusus BEV ditambah aplikasi berbagai fitur canggih di sektor comfort, safety, dan ride quality, BEV ini telah dipercaya oleh pemerintah Indonesia dalam berbagai event bertaraf internasional seperti Konferensi G20, ASEAN Summit, dan AIS Summit.
Melengkapi lineup xEV Toyota, meskipun baru secara resmi dipasarkan pada bulan Agustus 2023 Toyota RAV4 GR Sport PHEV langsung memikat hati pelanggan Indonesia. Kombinasi model GR Sport yang mendapat tuning langsung dari GAZOO Racing dengan sentuhan teknologi elektrifikasi semakin meningkatkan rasa fun-to-drive dari model ini.
Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dasarnya sama dengan HEV, tapi supaya lebih fleksibel dan dapat meningkatkan jarak tempuh full Electric Vehicle (EV). Premium sporty SUV ini juga dapat isi ulang baterai penggerak motor listrik layaknya BEV secara gratis di Ultra Fast Charging Station Toyota di Astha Mal SCBD jakarta, beberapa rest area Jalan Tol Trans Jawa, dan lebih dari 95 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia. ##