Hoofddorp — Kawasaki Ninja 7 Hybrid merupakan salah satu model yang paling ditunggu. Sepedamotor hybrid kuat pertama dunia ini akan tiba di showroom Kawasaki Motors di Eropa pada Januari 2024.
Inti dari Kawasaki Ninja 7 Hybrid adalah perkawinan inovatif dari mesin kembar paralel 451cc, berpendingin air – lengkap dengan selectro gigi manual atau otomatis – dan motor traksi plus baterai. Itu semua menggambarkan kombinasi futuristik yang menawarkan sejumlah pengalaman berkendara baru ditambah tenaga mesin sebesar 43,5 kw (59 HP) yang meningkat menjadi tenaga bersih hybrid yang mengesankan sebesar 51,1kw (69,5 HP) berkat “e-boost”. Dalam hal torsi, angkanya sama mengesankan, dengan gabungan tenaga sistem maksimum dengan ICE (internal combution engine) dan EV (electric vehicle) sebesar 60,4 N·m pada 2.800rpm.
Dari segi dimensi, Kawasaki Ninja 7 Hybrid berbobot 227kg dan merupakan paket ukuran menengah yang menawarkan performa keseluruhan kelas 650cc hingga 700cc dengan akselerasi instan untuk menyaingi model supersport kelas 1.000cc dari awal (dengan fungsi Kawasaki e-boost sudah terlihat pada mesin EV mereka) dan penghematan bahan bakar setara dengan kelas 250cc dengan rating bersertifikat WMTC Kelas 3-2 sebesar 4,0 L/100 km yang menjadi lebih irit dalam mode ECO-HYBRID. Selain itu, pengendara dapat beralih di antara tiga mode berkendara (SPORT-HYBRID, ECO-HYBRID, EV) yang masing-masing menawarkan karakter berkendara berbeda karena mengakomodasi berbagai situasi berkendara.

Inovasi lainnya mencakup fungsi idling stop di mana mesin pembakaran internal berhenti untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi ditambah Automatic Launch Position Finder (ALPF) yang – bila dipilih – secara otomatis memilih gigi pertama saat berhenti ditambah “walk mode” maju dan mundur untuk membantu manuver kecepatan rendah dan parkir. Selain itu, model baru inovatif ini mampu memanen energi saat berkendara berkat sistem regeneratif yang berarti ketika pengendara melepaskan gas, energi perlambatan akan didaur ulang kembali ke baterai. Hal ini berkontribusi pada jangkauan jelajah yang lebih panjang.
Memanfaatkan versi chassis tipe teralis Kawasaki yang dirancang khusus, “kemasan” mesin bensin dan motor traksi 9kw memperlihatkan unit daya kembar compact dengan baterai lithium ion 48V di dekat titik tengah chassis untuk mengidealkan distribusi bobot. Motor traksi dilengkapi dengan inverter ISG (yang mengubah daya AC ke DC dan sebaliknya) dan konverter DCDC (mengubah daya 48 V pada paket baterai menjadi daya 12 V yang diperlukan oleh ECU dan sistem lainnya), pasangan ini disatukan, membantu untuk menghemat ruang.
Secara ergonomis, posisi berkendara santai dan sporty memudahkan pengendara Kawasaki 7 Hybrid menuju kokpit bermutu tinggi dan tata letak switchgear yang dipertimbangkan dengan cermat; keduanya dirancang agar intuitif dan menginspirasi kepercayaan diri. Untuk meter display, instrumentasi TFT penuh warna mencakup konektivitas smartphone melalui versi khusus RIDEOLOGY THE APP MOTORCYCLE yang berkontribusi pada peningkatan pengalaman bersepedamotor. ##