Tangerang — Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sukses mengantarkan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 menjadi episentrum para penggemar sepedamotor di Tanah Air. Selama 5 hari (24-28 September 2025), pameran sepedamotor tersebut diserbu oleh 103.789 pengunjung.
Antusiasme yang tinggi dari masyarakat, khususnya, bikers, tersebut melebihi target AISI. Sementara pada IMOS 2024 berhasil diserbu lebih dari 98 ribu pengunjung.
Kesuksesan IMOS 2025, yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, dipacu oleh banyak faktor. Sebut saja beragam inovasi, produk, promo pembiayaan menarik hingga hiburan interaktif yang melibatkan para pengunjung.
Sebanyak 6 model motor diluncurkan yakni Suzuki Access 125, Yamaha XMAX Connected TechMAX, Morbidelli T1002VX, Morbidelli T252X, Scomadi Adventure DS, serta Alva x Dominate (edisi kolaborasi spesial).
Sementara kemudahan dalam memiliki kendaraan baru didukung oleh PT Federal International Finance (FIFGROUP). Sponsor platinum IMOS 2025 itu menyodorkan potongan cicilan kredit motor Honda hingga Rp12,3 juta, cashback angsuran Rp600 ribu, serta cashback tambahan Rp1 juta bagi pemilik akun AstraPay.
Sigit Kumala, Ketua Penyelenggara IMOS 2025 mengungkapkan kehadiran para peserta dengan lini produk terbaru, beragam program menarik, serta berbagai promo selama pameran berlangsung berhasil menarik minat pengunjung dalam jumlah besar.
“Antusiasme masyarakat terhadap IMOS 2025 sangat luar biasa, terbukti dengan jumlah pengunjung yang hadir hingga mencapai 103.789 orang atau melampaui target AISI. Hal ini menunjukkan bahwa IMOS telah menjadi ajang yang ditunggu-tunggu, tidak hanya oleh pecinta sepeda motor tetapi juga oleh masyarakat luas yang ingin mengetahui perkembangan teknologi terkini di industri roda dua. Kami berharap nilai transaksi juga positif. Kami sedang kumpulkan datanya,” ujar Sigit.
Sigit juga menambahkan, peningkatan jumlah pengunjung tersebut tercermin dari tingginya partisipasi pada program test ride, yang berhasil mencatat lebih dari 4.000 trip sepanjang pameran berlangsung. Menurutnya, capaian ini menegaskan bahwa IMOS tidak hanya menjadi wadah untuk melihat produk terbaru, tetapi juga menghadirkan pengalaman nyata bagi pengunjung dalam merasakan langsung performa dan teknologi sepeda motor terkini yang ditawarkan para peserta.
Mengusung tema “Rides That Truly Matter: Smart, Safe, Sustainable and Efficient”, IMOS 2025 menjadi bagian dari komitmen AISI dalam mendorong kemajuan industri sepedamotor yang mengedepankan teknologi cerdas, keselamatan berkendara, kepedulian terhadap lingkungan, serta efisiensi mobilitas masyarakat.
Melalui pameran ini, AISI tidak hanya memperkenalkan inovasi kendaraan roda-dua terkini, tetapi juga menekankan pentingnya pengembangan sistem transportasi yang aman, berkelanjutan, dan terjangkau bagi masyarakat luas.
Sebanyak 21 merek sepedamotor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik, berpartisipasi dalam IMOS 2025 yakni Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Aprilia, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Moto Guzzi, Morbidelli, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Wmoto, dan Zontes. Lebih dari 50 produk dari industri pendukung, seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang, juga meramaikan pameran tahunan ini. ##