HAMAMATSU — HySE (Hydrogen Small mobility & Engine technology) akan meramaikan “Mission 1000” Challenge dari Dakar Rally 2024. Partisipasinya akan istimewa karena menggunakan kendaraan bermesin hidrogen HySE-X1.
HySE-X1 menampilkan mesin 1.000cc, 4-silinder, 16-katup, 4-stroke, DOHC, supercharge. Kendaraan berbobot 1,5 ton ini memiliki panjang 3,530 mm, lebar 2,070 mm, tinggi 1,700 mm.
HySE merupakan asosiasi riset yang terdiri dari Kawasaki Motors, Suzuki Motor Corporation, Honda Motor, dan Yamaha Motor. Misi mereka mengembangkan mesin bertenaga hidrogen untuk mobilitas kecil (sepedamotor, mobil kecil, drone kapal laut kecil, peralatan konstruksi.
Sementara Mission 1000 adalah bagian baru dari Program Masa Depan Dakar (Dakar Future Program), sebuah upaya yang bertujuan untuk mendesak para pembuat mobil untuk mengembangkan teknologi powertrain netral karbon generasi berikutnya seperti mesin hidrogen dan hibrida listrik atau biofuel.
HySE dalam Mission 1000 akan menerjunkan HySE-X1 yang dilengkapi mesin hidrogen. Kendaraan ini akan dikendarai dalam beberapa kondisi lingkungan paling keras dalam apa yang dianggap sebagai motorsport terberat di dunia, memberikan peluang bagus untuk mempelajari bagaimana kinerja mesin hidrogen dalam kondisi seperti itu. Hal ini akan memungkinkan kita dengan mudah mengidentifikasi potensi masalah mobilitas kecil yang belum diketahui, dan mempercepat penerapan teknologi dasar mesin hidrogen. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam Reli Dakar yang terkenal di dunia, mereka dapat mempromosikan kehadiran dan inisiatif HySE, sehingga berupaya untuk lebih membangun jaringan global dan lintas industri untuk mewujudkan mobilitas hidrogen kompak.
“Kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam Reli Dakar, yang kami tahu memiliki sejarah dan tradisi kaya. Alasan utama kami berpartisipasi adalah untuk memberikan kami kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil penelitian kami dengan cara yang mudah dimengerti. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam acara tersebut, kami dapat mengidentifikasi potensi masalah dan menyempurnakan teknologi kami untuk memecahkan tema teknis yang diperlukan untuk mewujudkan mobilitas kecil hidrogen sesegera mungkin. Kami berharap semua orang akan mencari kami di sana dan menyemangati kami!” kata Kenji Komatsu, Chairman of HySE and Executive Officer of Technical Research & Development Center, Yamaha Motor.
HySE-X1 yang akan mengikuti acara tersebut berbasis chassis yang dibuat oleh perusahaan mitra HySE Overdrive Racing dari Belgia dengan tata letak yang dimodifikasi untuk mengakomodasi tangki bahan bakar hidrogen dan sistem pasokan bahan bakar. Mesin bertenaga hidrogen ini diambil dari sepedamotor yang saat ini digunakan oleh HySE dalam aktivitas penelitian mereka. Pengisian bahan bakar dan pemeliharaan hidrogen akan dilakukan oleh Overdrive Racing. ##