TOKYO — Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang menyetujui pembentukan asosiasi riset HySE (Hydrogen Small mobility & Engine technology). Perkumpulan ini dimotori oleh Kawasaki Motors, Suzuki Motor Corporation, Honda Motor, dan Yamaha Motor.
Mereka akan melakukan pengembangan mesin-mesin bertenaga hidrogen untuk mobilitas kecil yakni sepedamotor, kendaraan mini asal Jepang, kapal laut kecil, peralatan konstruksi, drone, dan lain-lain.
Pendirian HySE untuk mewujudkan masyarakat yang terdekarbonisasi sehingga diperlukan strategi multi-jalur untuk mengatasi berbagai masalah di sektor mobilitas, daripada berfokus pada satu sumber energi. Dengan latarbelakang ini, penelitian dan pengembangan yang ditargetkan pada komersialisasi mobilitas dengan mesin bertenaga hidrogen-dianggap sebagai sumber energi generasi mendatang-mendapat momentum.
Dibandingkan mobilitas bertenaga listrik dari baterai, penggunaan hidrogen menimbulkan tantangan teknis, termasuk kecepatan nyala api cepat dan wilayah penyalaan luas, yang seringkali mengakibatkan pembakaran tidak stabil, dan kapasitas tangki bahan bakar yang terbatas jika digunakan pada kendaraan dengan mobilitas kecil.
Dalam mengatasi masalah-masalah ini, anggota-anggota HySE berkomitmen untuk melakukan penelitian mendasar, memanfaatkan kekayaan keahlian dan teknologi mereka dalam mengembangkan mesin bertenaga bensin, dan bertujuan untuk bekerjasama dengan misi bersama dalam menetapkan standar desain untuk hidrogen-mobilitas kecil. bertenaga mesin, dan memajukan upaya penelitian mendasar di bidang ini.
“Kami sangat senang mengumumkan rencana pembentukan asosiasi. Ada banyak tantangan dalam pengembangan mesin bertenaga hidrogen, tetapi kami berharap kegiatan asosiasi dapat memajukan penelitian fundamental untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut. Kami berkomitmen untuk upaya ini dengan misi melestarikan penggunaan mesin pembakaran internal, yang melambangkan upaya lama yang telah diinvestasikan oleh para pendahulu kami,” kata Kenji Komatsu, Chairman nominee of HySE and Executive Officer of Technical Research & Development Center, Yamaha Motor.
Honda akan meneliti pengembangan berbasis model mesin bertenaga hidrogen. Suzuki akan riset elemen tentang fungsionalitas, kinerja, dan keandalan mesin bertenaga hidrogen. Yamaha dan Kawasaki akan riset langsung menggunakan mesin bertenaga hidrogen asli tentang fungsionalitas, kinerja, dan keandalannya.
Yamaha juga akan mempelajari persyaratan sistem pengisian bahan bakar hidrogen dan tangki hidrogen untuk mobilitas kecil.
Tugas lain Kawasaki adalah mempelajari peralatan bantu yang diperlukan untuk sistem pasokan bahan bakar dan tangki, serta peralatan yang dipasang di antara tangki bahan bakar dan injektor.
Selain 4 pabrikan sepedamotor, asosiasi HySE memiliki 2 anggota istimewa yakni Kawasaki Heavy Industries dan Toyota Motor Corporation. ##