Rabu, September 10, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Honda Ungkap Alasan BR-V 2022 Pakai Rem Tromol Belakang

by Indra Prabowo
Januari 14, 2022
Honda BR-V 2022
Share on FacebookShare on Twitter

Baca Juga :

Yamaha Tricity 2026 dengan ubahan desain meluncur

Suzuki umumkan 5 teknologi utama untuk 10 tahun ke depan

Firman Chandra Persembahkan Podium untuk Indonesia di ASEAN BMX Racing Cup 2025

SEMARANG — All-new Honda BR-V 2022 memang dibekali serangkaian teknologi dan fitur keselamatan canggih. Generasi kedua ini jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sebut saja Honda SENSING™ dan Honda LaneWatch™, yang untuk pertama kalinya dibawa oleh Honda BR-V.

Teknologi Honda SENSING merupakan ‘kantung' sistem bantuan pengemudi (driver assistance system) yang terdiri darii:

  1. Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh
  2. Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM) membantu pengemudi ketika terdapat kemungkinan mobilnya berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan
  3. Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur
  4. Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan pengemudi peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada setir jika mobil keluar dari jalur agar kembali ke jalur benar
  5. Adaptive Cruise Control (ACC) membantu pengemudi menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan di depan berhenti
  6. Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Sementara Honda LaneWatch akan menampilkan daerah sisi kiri mobil yang menjadi blind spot area pengemudi. Situasi daerah sisi kiri mobil divisualkan pada layar dashboard. Fitur ini aktif ketika pengemudi mengaktifkan sein kiri atau menekan bagian ujung tongkat sein/lampu.

BR-V 2022

Honda pun membekali Honda BR-V 2022 dengan fitur-fitur keselamatan berupa 6 airbag, Vehicle Stability Assist (VSA), ABS+EBD+BA, Hill Start Assist.

Meski demikian ada satu fitur yang masih mengganjal kami, yakni penggunaan rem tromol belakang. Padahal rear drum brake punya beberapa kelemahan di samping sejumlah keunggulan.

Beberapa contoh kelemahan rem tromol adalah pemanasan yang berlebihan dapat terjadi karena pengereman yang berat, nah, ini bisa menyebabkan tromol terdistorsi, dan dengan demikian menyebabkan getaran saat pengereman; lalu, saat hard braking, diameter tromol sedikit meningkat karena ekspansi termal, pengemudi harus menekan pedal rem lebih dalam; dan masih ada beberapa lagi.

Yoshihiko Eguchi, Product Planning & Development Senior Manager Large Project Leader all-new Honda BR-V mengatakan bahwa penggunaan rem tromol belakang mumpuni.

“Sebagai mobil keluarga (SUV 7-seater) penggunaan rem tromol sudah cukup. Dan kami sendiri telah melakukan tuning agar performa rem sangat bagus. Dengan menggunakan rem tromol belakang, harga mobil menjadi lebih terjangkau,” ungkapnya.

Beberapa keunggulan rem tromol seperti lebih tahan lama masa pakainya; frekuensi perawatan sedikit lebih rendah karena ketahanan korosi yang lebih baik; lebih murah diproduksi. ##

Tags: BR-VBR-V 2022FITUR HONDA BR-VHondaHonda BR-VHONDA BR-V 2022
Previous Post

Honda HR-V 2023 versi Amerika Lebih Keren dari Jepang dan Eropa

Next Post

Dyandra Umumkan Daftar Brand Otomotif IIMS 2022

Related Posts

Yamaha Tricity 2026
Berita

Yamaha Tricity 2026 dengan ubahan desain meluncur

September 10, 2025
Suzuki
Berita

Suzuki umumkan 5 teknologi utama untuk 10 tahun ke depan

September 10, 2025
ASEAN BMX Racing Cup 2025
Berita

Firman Chandra Persembahkan Podium untuk Indonesia di ASEAN BMX Racing Cup 2025

September 10, 2025
vespa lx 150
Berita

Vespa LX 150 meluncur dengan harga Rp46 jutaan

September 10, 2025
Shenxing Pro
Berita

CATL luncurkan baterai Shenxing Pro dengan masa pakai 12 tahun

September 10, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Jangan lewatkan Tokio Drive 2025, banyak keseruan

September 9, 2025

TERBARU

Yamaha Tricity 2026
Berita

Yamaha Tricity 2026 dengan ubahan desain meluncur

September 10, 2025
Suzuki
Berita

Suzuki umumkan 5 teknologi utama untuk 10 tahun ke depan

September 10, 2025
ASEAN BMX Racing Cup 2025
Berita

Firman Chandra Persembahkan Podium untuk Indonesia di ASEAN BMX Racing Cup 2025

September 10, 2025
vespa lx 150
Berita

Vespa LX 150 meluncur dengan harga Rp46 jutaan

September 10, 2025
Shenxing Pro
Berita

CATL luncurkan baterai Shenxing Pro dengan masa pakai 12 tahun

September 10, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Jangan lewatkan Tokio Drive 2025, banyak keseruan

September 9, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

BYD ATTO 1
Berita

Test Drive BYD ATTO 1 dengan rute Joglosemar

Agustus 15, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Mencoba Mitsubishi Destinator di GIIAS 2025

Juli 30, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
vinfast vf e34
Review

Impresi Berkendara Vinfast VF e34

Juni 24, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.