JAKARTA – Honda Customer Care menjadi layanan purnajual ekstra bagi para konsumen Honda ketika motor mereka mengalami kendala yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke bengkel. PT Wahana Makmur Sejati selaku dealer utama motor Honda menyediakannya untuk para konsumen yang berlokasi di wilayah Jakarta dan Tangerang.
Adanya Honda Customer Care tak hanya mengakomodir kondisi darurat di perjalanan layaknya layanan Roadside Assistance. Layanan purnajual kendaraan yang sebelumnya bernama Wahana Honda Emergency Layanan Pelanggan (Wahana HELP) ini juga dapat menyelesaikan kendala di tempat-tempat lain yang dijanjikan, rumah dan kantor misalnya.
Siti Mulyanah selaku Head of Customer Care Department PT Wahana Makmur Sejati mengatakan, “Mekanik akan mendatangi lokasi konsumen yang mengalami kondisi darurat. Selain mekanik mendatangi langsung, layanan Honda Customer Care juga mencakup panduan melalui telepon terkait sepeda motor Honda yang tidak menyala atau mengalami kendala.”
Lebih lanjut, Mulyanah bilang bahwa agar operasional layanan para pelanggan motor Honda berjalan lancar dan menangani permasalahan motor dengan cepat, dikerahkan sebanyak delapan unit kendaraan servis.
“Kedelapan unit tersebut tersebar di Gunung Sahari, Kelapa Gading, Jatinegara, Daan Mogot, Ciputat, Karang Mulya, Tanah Tinggi dan Cimone,” ujar Mulyanah.
Penanganan Honda Customer Care hitungan menit
Bagi mereka yang memerlukan layanan ini, Mulyanah memberi jabaran. Para pelanggan dapat menghubungi nomor telepon saluran siaga 1500-989. Tim layanan pelanggan Honda akan mendiagnosa kerusakan sepedamotor. Apabila kerusakannya ringan, pelanggan dipandu untuk menyelesaikannya secara mandiri. Namun apabila perlu penangan khusus, mekanik langsung meluncur ke lokasi.
“Jika kondisi motor rusak berat, maka konsumen dibantu untuk membawa motornya ke bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat,” papar Mulia.
Ia melanjutkan, agar kepuasan pelanggan terkait layanan Honda Customer Care selalu terpenuhi, anak perusahaan Wahana Artha Group ini menerapkan batas waktu terkait durasi penanganan. Dimulai dari keluhan konsumen diterima, hingga mekanik tiba di lokasi kendaraan yang mengalami kendala.
“Kami menyebutnya time arrival. Time arrival jarak 0–5 km adalah maksimal 30 menit. Untuk jarak 5–10 km, time arrival adalah 30–60 menit. Di atas 10 km, time arrival melebihi 60 menit,” ujarnya.
Menyoal waktu operasi layanan, Honda Customer Care tersedia pada hari Senin hingga Sabtu pukul 06.00-22.00 WIB. Sementara untuk hari Minggu dan hari libur nasional, layanan PT Wahana Makmur Sejati ini tidak dapat digunakan. #