JAKARTA — Pekan lalu Honda Brio RS 2023 mendapat sejumlah penyegaran. Hal itu dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk meladeni laju generasi kedua dari duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Penyegaran eksterior Honda Brio RS 2023 meliputi:
- LED Headlights with LED Daytime Running Light
- Dark Chrome Front Grille Design
- RS Emblem di grille
- LED Fog Lights
- Power Retractable Black Door Mirror with LED Turning Signal
- Front Bumper Design
- Smoked Rear Combi Lamp
- Rear Bumper Design with Diffuser,
- Velg 15” Dark Chrome Sporty Alloy Wheel
- Warna Electric Lime Metallic, Stellar Diamond Pearl, Meteoroid Gray Metallic, Phoenix Orange Pearl with two-tone color option, Crystal Black Pearl
Sedangkan untuk revisi interior Honda Brio RS 2023 terdiri dari:
- Jok dengan desain pola baru
- Pola panel dashboard
- Tombol start baru
- Meter Cluster with Multi Information LCD Display
- 7” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio
- Illumination Light pada bagian tuas transmisi serta Audio Steering Switch
Hatchback kecil ini juga menampilkan Smart Entry System baru.
HPM mempertahankan mesin 1.2L i-VTEC 4-silinder 16-katup yang bertenaga 90 PS, terbesar di kelasnya. Selain itu transmisi 5 M/T dan CVT dengan Earth Dreams Technology, Tweeter Speaker, ECO Assist, serta fitur keselamatan seperti Dual Front SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.
Honda Brio RS 2023 bertransmisi manual Rp 233.900.000,00 dan tipe RS CVT dengan harga Rp 243.900.000,00.
Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2012 sebagai mobil entry level yang dirancang untuk anak muda dan first time buyer. Di pasar otomotif Indonesia, Honda Brio adalah salah satu model dengan penjualan tertinggi, bahkan pernah memecahkan rekor sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2020, 2022, dan berlanjut hingga kuartal pertama tahun 2023. Secara total, model ini juga telah mencatat total penjualan lebih dari 500 ribu unit di Indonesia sejak awal diluncurkan hingga sekarang.
Honda Brio juga merupakan model produksi Honda di Indonesia yang memiliki kandungan local purchase tertinggi, yaitu mencapai hingga 96%. Kandungan lokal tinggi juga memberikan keuntungan bagi konsumen berupa kemudahan untuk mendapatkan komponen-komponen dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau.
Model yang diproduksi di Karawang ini pun diekspor ke berbagai negara. Sejak tahun 2019, tercatat lebih dari 25 ribu unit telah diekspor. ##