Tangerang — Melihat peluang pasar yang seksi di sektor angkutan perkebunan kelapa sawit, Hino Motors meluncurkan Hino 300 – 136 HDL 6×2. Peluncuran truk tugas ringan tersebut mengambil tempat di di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.
Hino 300 – 136 HDL 6×2 merupakan terobosan karena menjadi light duty truck (truk tugas ringan) pertama dan satu satunya dengan konfigurasi 6×2 di Indonesia.
Truk ini menawarkan kapasitas muatan lebih besar dan bebas over dimension over loading (ODOL). Dengan GVW (Gross Vehicle Weight) lebih besar yaitu 14 ton, truk ini dipercaya sebagai solusi untuk angkutan CPO (Crude Palm Oil) dengan daya angkut lebih besar di lintasan yang sempit.
Varian ini didudukung oleh suspensi tipe trunnions dan leaf spring (per daun) yang dapat menahan daya angkut berat ditambah konfigurasi 6×2 memungkinkan distribusi beban menjadi lebih merata sehingga mengurangi keausan ban dan meningkatkan keselamatan pengemudi serta komoditas yang diangkut.
Dengan keunggulan-keunggulan di atas, sejumlah perusahaan telah memesannya. Salah satunya adalah PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk).
Perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut menganggap HINO 300 – 136 HDL 6×2 sanggup menunjang kinerja optimal mereka di medan perkebunan kelapa sawit yang membutuhkan kendaraan dengan stabilitas dan daya tahan tinggi di lintasan sempit.
Di GIIAS 2024, Hino sebagai solusi transportasi terpercaya pun meluncurkan HINO 500 FM 280 JD Retarder dan memamerkan beberapa model lainnya.
“Komitmen Hino dalam mengembangkan produk dan layanan yaitu tidak hanya tangguh, namun juga hadir sebagai solusi kebutuhan transportasi di Indonesia. Hino selalu berinovasi untuk menciptakan kendaraan yang sesuai dengan bisnis pelanggan di Indonesia,” ujar Takashi Muto, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).
Hino 500 FM 280 JD Retarder, medium duty truck yang telah menjadi market leader selama 24 tahun terakhir ini, kini, dilengkapi dengan retarder yaitu sistem pengereman tambahan secara electromagnetic yang mampu memperhambat laju kendaraan di lintasan off road atau medan berat. Sistem pengereman tambahan secara electromagnetic meningkatkan keselamatan berkendara, dan akhirnya menambah produktivitas kendaraan.
Hino Bus AK 240, turut hadir di GIIAS 2024, dengan aplikasi tubuh baru untuk bus besar bermesin depan. Bus ini menampilkan desain rangka ruang belakang space frame yang memberikan area kargo lebih luas, cocok untuk berbagai kebutuhan transportasi. Sementara bus medium Hino GB Bus 150 L AT dirancang khusus untuk mendukung transportasi perkotaan dengan kenyamanan dan efisiensi tinggi.
Truk tugas ringan Hino 300 – 136 HD dengan tampilan LED Box terparkir di booth Hino. Terakhir heavy duty truck Hino 700 – ZS 4141 yang menjadi solusi untuk operasi pertambangan dengan medan berat. #