TANGERANG – Memberi jawaban atas maraknya kasus truk Over Dimension Over Loading (ODOL), PT Hino Motors Sales Indonesia menghadirkan Hino 300-136 MDLR di Gaikindo Indonesia International Auto show (GIIAS) 2025. Model terbaru kendaraan niaga ringan ini, mampu hadirkan lebih banyak cuan bagi para penggunanya.
“Kendaraan ini dikembangkan sejalan dengan komitmen Hino untuk mendukung kebijakan Zero ODOL dari pemerintah Indonesia, dan memenuhi permintaan yang terus meningkat akan solusi transportasi berkapasitas besar,” kata Takashi Muto, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).
Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya Hino 300-136 MDLR menawarkan ruang kargo paling besar di kelasnya, yakni sisi bagian dalam sepanjang 6 meter. Memiliki konfigurasi 4×2 dengan kemampuan daya angkut total berat maksimum kendaraan 8,25 ton, muatan yang dibawa truk pabrikan Jepang ini bisa lebih banyak.
Selain memiliki ruang kargo besar, sasisnya pun siap pakai. Pemilik Hino 300-136 MDLR dapat leluasa memilih karoseri yang dibutuhkan, mau model box, bak terbuka, tangki, los bak, boks berpendingin, hingga dijadikan armada pemadam kebakaran pun dapat diakomodir. Apalagi, sasisnya berkualitas OEM (Original Equipment Manufacturing), sehingga tak perlu khawatir akan kualitas material.
Untuk menyokong kemampuan daya angkut yang besar, Hino 136-300 MDLR dibekali mesin diesel 4 liter 4-silinder berpengabut bahan bakar Variable Nozzle Turbocharger dan Intercooler, serta bersistem injeksi Common Rail. Melalui penerapan teknologi canggih pada mesin, tak heran kalau truk ini sudah lolos sertifikasi Euro 4.
Tak hanya ramah lingkungan, mesin Hino 300 Series ini pun cukup mumpuni sebagai kendaraan niaga. Keluaran tenaganya mencapai 136 PS, dengan torsi mencapai 392,2 Nm yang dapat melaju hingga 123 km/jam. Urusan daya tanjaknya 36,7% dari medan jalan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Mantap kan!
Memiliki performa mumpuni, nyata tak melupakan aspek keselamatan. Hino 300-136 MDLR dibekali sistem pengereman lengkap. Sebagai utama, kendaraan ini menggunakan rem Vacuum Servo bersirkuit ganda dengan booster. Selain itu, ada rem pelambat yang terletak di pipa gas buang, serta rem parkir di komponen Output Shaft Transmission.
Aspek kemudahan operasi pada kendaraan ini pun cukup lengkap. Pada kemudi yang dapat diatur ketinggiannya, sudah disematkan power steering bertipe Recirculating Ball Screw. Sementara penyematan pendingin udara dan sistem audio bluetooth, menjadikan perjalanan mengirim muatan menjadi lebih menyenangkan.
Hadir dengan sederet kelebihan kemampuan daya angkutnya, satu hal yang membuat Hino 300-136 MDLR menjadi kendaraan yang patut dimiliki para pengusaha, yaitu diciptakan sesuai regulasi non ODOL. Benefitnya bukan hanya meminimalisir kerugian atas kecelakaan yang terjadi di jalan saja, tetapi juga menghindari denda puluhan juta rupiah dan kurungan penjara. ##