TOKYO — Bagi mereka yang menggemari mobil performa, tak ada salahnya melirik GR Yaris. Jumat lalu (11/4), TOYOTA GAZOO Racing (TGR) meluncurkan new Toyota GR Yaris 2026 dengan 3 trim (varian) yakni RZ “High performance”, RZ, dan RC.
Sejumlah pembenahan dibawa oleh new Toyota GR Yaris 2026 yakni:
- GAZOO Racing Direct Automatic Transmission disempurnakan lebih lanjut, di manabertujuan untuk mencapai pengoperasian unik kendaraan dua pedal dan kemampuan mengemudi, performa telah ditingkatkan dengan melakukan penyempurnaan terperinci pada kontrol pemilihan gigi, terutama selama berkendara secara sporty. Responsivitas selama berkendara dengan gaya sporty ditingkatkan dengan memperluas rentang kecepatan kendaraan untuk menurunkan gigi (gigi ke-2 ke gigi ke-1) saat menurunkan gigi melalui paddle shifter saat berkendara dalam rentang “D”, memperpendek waktu antara pengoperasian paddle dan dimulainya perpindahan gigi, dan meningkatkan rasa keterarahan di dekat zona merah saat memilih “SPORT” dalam mode manual. Pada tanjakan di mana kecepatan mesin selama akselerasi meningkat pada tingkat yang lebih lambat, pengaturan waktu perpindahan gigi ditunda sedikit untuk mempertahankan daya keluaran tinggi bahkan setelah berpindah ke gigi yang lebih tinggi.
- Baut-baut khusus dengan tingkat kekakuan pengikatan tinggi membantu mengencangkan komponen-komponen chassis, meningkatkan respons kemudi dan stabilitas garis lurus, serta mengembangkan kesan menyatu dengan mobil.
- Pengaturan suspensi telah disesuaikan kembali untuk mengakomodasi perubahan pada baut-baut yang mengencangkan bagian sasis dan untuk mengembangkan rasa kesatuan dengan mobil, serta untuk mengakomodasi peningkatan torsi yang digunakan untuk mengencangkan sebagian baut konvensional. Kekuatan peredam kejut telah disesuaikan untuk mencapai kontrol dan kenyamanan berkendara yang dibutuhkan. Selain itu, power steering elektrik (EPS) telah disetel melalui penyempurnaan berulang dengan bantuan pembalap profesional Kazuya Oshima untuk meningkatkan linearitas kemudi (sensasi hubungan 1:1 antara putaran kemudi dan putaran roda). Tingkat trim yang berbeda telah diberikan karakteristik yang berbeda, dengan RZ “Kinerja tinggi” disetel untuk memberikan kecepatan dan pengendalian pada batas kinerja dengan tujuan untuk mengemudi sirkuit yang agresif dan RZ disetel untuk menghasilkan kinerja handling sangat lincah dari GR Yaris dalam situasi yang sangat beragam mulai dari jalan berliku hingga sirkuit.
- Area sandaran kaki pada model transmisi otomatis telah diperbesar untuk meningkatkan pengoperasian saat menggunakan sandaran kaki.
- Rem parkir vertikal tersedia di semua tingkat trim. Sebelumnya berupa opsional.
- Toyota Safety Sense, yang telah tersedia sebagai standar pada RZ “High performance” dan RZ dan sebelumnya sebagai opsi yang dipasang pabrik pada RC, sekarang akan menjadi standar pada semua tingkat trim.
Semua trim Toyota GR Yaris 2026 mempertahankan mesin G16E-GTS 3-silinder segaris turbo intercooler dengan tenaga 304 PS pada 6,500 rpm dan torsi 400 Nm pada 3,250-4,600 rpm, dan sistem 4-wheel drive (4WD). Semua trim tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 8-speed dan manual 6-speed.
Harga Toyota GR Yaris 2026 di Jepang dari ¥3,560,000 (atau setara dengan Rp 417 jutaan) hingga ¥5,330,000 (Rp 625 jutaan). ##