SA PA — Mengendarai all-new Ford Everest 2023 di malam hari dipastikan tidak akan menyilaukan pengendara mobil lain. Hal ini berkat lampu depan (headlight) Matrix LED dengan sorot tinggi bebas-silau dapat digunakan tanpa menyilaukan pengguna jalan lain sambil meningkatkan visibilitas.
Ford mempelajari bahwa meski 25% berkendara dilakukan di malam hari, namun para ahli mereka berpendapat bahwa risiko mengalami kecelakaan fatal tiga kali lebih tinggi daripada siang hari. Karena pengemudi biasanya kurang menggunakan lampu jauh pada malam hari, dan bahkan dalam kondisi ideal, risiko mengemudi pada malam hari jauh lebih besar daripada siang hari.
“Sorot lampu jauh Ford yang bebas-silau membantu memaksimalkan penggunaan sorot jauh, yang berarti pengemudi dapat melihat jalan di depan secara signifikan – tanpa mengganggu pengguna jalan lain,” kata Andrew Kok, insinyur teknis senior Ford.
Lampu depan canggih all-new Ford Everest 2023 menggunakan kamera kendaraan menghadap ke depan, yang dapat mendeteksi lampu depan atau lampu belakang mobil lain hingga jarak 800 meter, untuk memantau jalan. Sistem ini menciptakan terowongan cahaya yang melacak kendaraan bahkan saat berkendara melalui tikungan yang menjaganya tetap ‘dalam kegelapan’ sementara di sekelilingnya lampu sorot tinggi memberikan penerangan jalan optimal.
“Lampu low beam umumnya menjangkau sekitar 70 meter, sedangkan high beam mencapai sekitar 200 meter,” kata Kok. “Mampu berkendara dengan lampu jauh menyala tetapi tidak menyilaukan pengguna jalan lain berarti Ford Everest generasi berikutnya (genenerasi ke-3) menawarkan para pengemudinya penerangan jalan maksimal, memberi mereka perasaan keamanan tambahan.”
Lebih lanjut dia menerengkan. Selain itu, lampu depan Matrix LED dengan high beam bebas-silau memiliki trik ekstra dalam bentuk High Beam Boost, yang menggunakan sekelompok LED tidak aktif untuk menawarkan cahaya 30 persen lebih banyak daripada sekadar high beam Matrix LED saja.
Menggunakan lampu depan high beam (sorot jauh) yang sesuai merupakan manfaat utama untuk visibilitas karena cahayanya sendiri dimiringkan untuk memproyeksikan lebih jauh ke jalan. Lampu depan dengan sorot rendah miring ke arah jalan untuk menerangi area tepat di depan kendaraan untuk digunakan di daerah dengan pencahayaan ambien lebih baik, seperti pengguna jalan lain atau penerangan jalan.
“Karena lampu depan high beam miring ke atas dan menawarkan sorotan lebih panjang dibandingkan dengan low beam, Anda dapat melihat benda-benda di jalan di depan Anda, atau ke samping jauh dibandingkan mengemudi dengan lampu low beam. Ini berarti Anda dapat bereaksi lebih cepat terhadap situasi,” imbuh Kok lagi.
Dan karena tidak semua jalan lurus, all-ne Ford Everest menawarkan Dynamic Bending Lights (low beam), yang menggunakan sensor untuk mengukur kecepatan kendaraan dan sudut kemudi untuk memutar lampu depan menjadi tikungan yang memungkinkan pengemudi melihat lebih banyak jalan di depan dibandingkan dengan lampu konvensional non-bending. Lampu depan mobil ini dapat diputar hingga 15 derajat, yang cukup untuk menerangi sebagian besar tikungan tajam, meningkatkan visibilitas pengemudi.
All-new Ford Everest 2023 juga menawarkan lampu pembengkok statis untuk penerangan tambahan di sekitar kota, dan lampu ini aktif pada kecepatan rendah saat kendaraan berbelok tajam. Namun lampu penekuk statis tidak hanya membantu saat berbelok di tikungan, tetapi juga aktif saat gigi mundur (reverse gear) dipilih untuk memberikan penerangan tambahan saat mundur di malam hari. ##