GAYDON – Jaguar Land Rover (JLR) sedang mengembangkan prototipe Land Rover Defender Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) atau Defender hidrogen. Pengujiannya akan dilakukan pada tahun ini juga.
Konsep FCEV adalah bagian dari tujuan Jaguar Land Rover untuk mencapai emisi nol knalpot pada tahun 2036, dan emisi karbon nol bersih di seluruh rantai pasokan, produk, dan operasinya pada tahun 2039, sejalan dengan strategi “Reimagine” yang diumumkan bulan lalu.
FCEV, yang menghasilkan listrik dari hidrogen untuk menggerakkan motor listrik, melengkapi kendaraan listrik baterai (BEV) dalam perjalanan menuju emisi kendaraan nol bersih. FCEV bertenaga hidrogen memberikan kepadatan energi yang tinggi dan pengisian bahan bakar cepat, dan kehilangan minimal jangkauan pada suhu rendah, menjadikan teknologi ini ideal untuk kendaraan yang lebih besar dan jarak jauh, atau yang dioperasikan di lingkungan panas atau dingin.
Sejak 2018, jumlah FCEV di dunia meningkat hampir dua kali lipat sementara stasiun pengisian bahan bakar hidrogen meningkat lebih dari 20%. Pada tahun 2030, perkiraan memperkirakan penyebaran FCEV bertenaga hidrogen dapat mencapai 10 juta dengan 10.000 stasiun pengisian bahan bakar di seluruh dunia.
Proyek rekayasa canggih Jaguar Land Rover, yang dikenal sebagai Project Zeus, sebagian didanai oleh Advanced Propulsion Center yang didukung pemerintah Inggris, dan akan memungkinkan para insinyur memahami bagaimana powertrain hidrogen dapat dioptimalkan untuk memberikan kinerja dan kemampuan yang diharapkan oleh para pelanggannya: dari jangkauan untuk pengisian bahan bakar, dan penarik untuk kemampuan off-road.
Prototipe Land Rover Defender hidrogen akan mulai diuji menjelang akhir 2021 di Inggris untuk memverifikasi atribut utama seperti kemampuan off-road dan konsumsi bahan bakar.
Untuk mewujudkan Proyek Zeus, Jaguar Land Rover telah bekerjasama dengan Delta Motorsport, AVL, Marelli Automotive Systems, dan Pusat Industri Baterai Inggris (UKBIC) untuk meneliti, mengembangkan, dan membuat prototipe FCEV.
Ralph Clague, Kepala Hidrogen dan Sel Bahan Bakar untuk Jaguar Land Rover, mengatakan, “Kami tahu hidrogen memiliki peran dalam campuran powertrain masa depan di seluruh industri transportasi, dan di samping kendaraan listrik baterai, ia menawarkan solusi emisi knalpot nol lainnya untuk kemampuan dan persyaratan khusus dari jajaran kendaraan kelas dunia Jaguar Land Rover.” ##