TOKYO — Nama Daihatsu Copen tidaklah asing bagi para pecinta otomotif. Memulai penampilan perdananya dalam bentuk konsep di Tokyo Motor Show 1999, sports convertible mulai dijual pada 2002.
Generasi pertama Daihatsu Copen dikembangkan sebagai sportcar convertible otentik yang dapat dinikmati siapa saja dengan mudah. Mobil ini dinilai tinggi karena daya jualnya yang tinggi, seperti desain unik eksteriornya dan atap konvertibel bermotor (atap aktif), serta nilai-nilai baru seperti “kegembiraan dalam memiliki dan mengoperasikan”.
Generasi pertama Daihatsu Copen dipersenjatai dengan mesin 660cc turbo. Pada tahun 2007 dipasarkan mesin baru 1.300cc non-turbo menggantikan jantung mekanis 660cc turbo.
Generasi kedua, yang dirilis pada tahun 2014, mewarisi atap konvertibel bermotor dan memanfaatkan struktur D-Frame baru dan Dress-Formation di mana eksterior dan interior dapat diubah untuk mewujudkan performa berkendara mengesankan dan memungkinkan pemiliknya mengekspresikan individualitas mereka. Empat model telah dirilis, termasuk Robe dan XPLAY serta Cero dan GR SPORT yang masing-masing dirilis pada tahun 2015 dan 2019.
Konsep generasi kedua dipamerkan oleh Daihatsu Motor Company (DMC) di Tokyo Motor Show 2013 dengan nama Kopen. Berbasis konsep “Mobil sport atap terbuka New Fun+ dengan nuansa baru”, Kopen merupakan mobil sport atap terbuka ringan dengan bentuk yang benar-benar baru. Menampilkan desain panel tubuh yang dapat dilepas dan diganti seperti atap, menawarkan cara baru bagi pengemudi dalam menikmati mobilnya. Ia juga menawarkan penggerak yang lebih baik berkat kerangka dan strukturnya. Hasilnya adalah pengalaman baru yang luar biasa, sebuah mobil yang menyenangkan untuk dikendarai dan dimiliki.
Generasi keduanya mengadopsi mesin Topaz Neo 658cc turbo 3-silinder DOHC dengan penggerak roda-depan (front-wheel drive). Model ini pernah dijual di Indonesia.
Dua puluh satu tahun setelah generasi pertamanya diniagakan, Daihatsu memamerkan Vision Copen di Japan Mobility Show 2023. Diprediksi, konsep ini akan menjadi generasi ketiga.
Daihatsu Vision Copen mengutamakan kegembiraan dan kesenangan berkendara serta tetap sesuai dengan karakter 2 generasi yang dikenal tenang. Pengguna bisa merasakan sensasi berkendara sambil merasakan hembusan angin, serta dengan desain dan performa mobilitas terbaik.
Mobil konsep ini akan menawarkan pengalaman berkendara terbaik melalui kombinasi mesin di depan (front-engine), tata letak penggerak roda-belakang (rear-wheel drive), mesin pembakaran internal 1.300cc dengan bahan bakar Carbon Neutral. Mobil ini tetap mewarisi atap yang dapat dibuka/ditutup secara elektrik aktif (Active Top). dimensi generasi selanjutnya ini lebih besar dengan panjang 3.835 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.265 mm, dan wheelbase 2.415 mm, dibandingkan sebelumnya. ##