JAKARTA — Suzuki Indonesia mencatat pertumbuhan penjualan pada 2021 dibandingkan 2020. Penjualan wholesale (dari pabrik ke dealer) Suzuki Indonesia naik sebesar 38.8%, sementara retail sales naik sebesar 23,8%.
New Carry Pick Up sebagai Rajanya Pick Up dan backbone di segmentasi kendaraan komersial Suzuki, menjadi kontributor utama dalam penjualan mobil Suzuki Indonesia sepanjang tahun 2021. Selain Suzuki Carry Pick Up, penjualan Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga pun mengalami kenaikan.
Suzuki XL7 menduduki posisi sebagai kontributor terbesar kedua dengan kontribusi 18% untuk wholesales dan 16% untuk retail sales dalam penjualan nasional Suzuki. Sejak pertama diluncurkan tahun 2020, Suzuki XL7 hingga saat ini terus memberikan dampak positif terhadap penjualan Suzuki Indonesia dan menjadi salah satu backbone penjualan.
Suzuki Ertiga juga berkontribusi terhadap penjualan Suzuki. Low MPV 7-seater ini menyumbang 12% terhadap wholesales dan 13% terhadap retail sales Suzuki Indonesia, sehingga membuat membuatnya masuk ke dalam 3 mobil kontributor tertinggi pada 2021.
“Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil yang dimiliki Suzuki Indonesia,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales. ##