Tokyo — Merayakan 20 tahun di Jepang, divisi mobil penumpang BYD Auto Japan meluncurkan BYD Racco EV di Japan Mobility Show 2025. Mobil listrik ini akan merangsek segmen Kei Car yang telah dikuasai oleh Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Daihatsu selama puluhan tahun.
BYD Racco merupakan model pertama mereka yang dirancang khusus untuk pasar luar negeri, dijadwalkan diluncurkan pada musim panas 2026. BEV berdesain kotak dan berdimensi mini ini akan memiliki banyak teknologi canggih BYD.
Di Japan Mobility Show (JMS) 2025, BYD Auto Japan pun meluncurkan BYD Sealion 6 DM-i (Plug-in hybrid electric vehicle = PHEV). Dalam waktu dekat model ini akan diluncurkan di Jepang. Model berikutnya yang diluncurkan di JMS 2025 adalah BYD ATTO 3.

Divisi kendaraan niaga BYD pun tak mau kalah dengan divisi mobil penumpangnya, dengan meluncurkan BYD T35, di JMS 2025. Dua versi truk lringan listrik yakni versi box alumunium dan bak datar.
BYD T35 dirancang khusus dan memenuhi peraturan serta dimensi Jepang, serta dapat dikendarai dengan SIM standar. Truk listrik ini menggunakan baterai blade LFP (lithium-ion iron phosphate) milik Perusahaan, yang menghasilkan keamanan tinggi dan jangkauan berkendara yang stabil.
Pengisian daya baterai 0-100% dari sumber CHAdeMO 71kW memerlukan waktu 65 menit. Sementara untuk durasi pengisian daya dari sumber normal 6kW memerlukan waktu 5,5 jam dari 30-80%.

Truk ini dikembangkan sebagai EV yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan gaya hidup, termasuk hobi dan rekreasi, serta keperluan komersial seperti pengiriman dan penjualan.
Jangkauan BYD T35 250 km, cukup untuk penggunaan seharian penuh dengan sekali pengisian daya. e-Platform menggunakan CTC (Cell to Chassis), yang menggabungkan baterai blade dengan sasis yang kokoh, meningkatkan kekakuan torsional rangka relatif dan secara signifikan meningkatkan stabilitas pengendalian. Ukurannya yang ringkas memudahkan manuver di area perkotaan dan perumahan, menjadikannya truk listrik yang mudah dikendarai oleh siapa pun.
Truk listrik ini juga dilengkapi Sistem Pengenalan Otomatis dan Adaptasi Jalan yang secara otomatis mengenali apakah kendaraan berada di permukaan datar atau miring, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang optimal:
- Dalam mode permukaan datar, sistem ini dengan mulus mengontrol output kendaraan saat kendaraan tanpa muatan di permukaan datar, mencegah akselerasi dan selip mendadak. Hal ini meningkatkan kemampuan berkendara dan kenyamanan serta mengendalikan konsumsi energi.
- Dalam mode tanjakan, sistem ini mengompensasi dan memperkuat torsi saat menanjak dengan beban penuh, sehingga memberikan performa tanjakan yang optimal.

Sistem bantuan pengemudian canggih (ADAS) seperti peringatan tabrakan depan (FCW), kendali jelajah aktif (ACC), dan peringatan keberangkatan jalur (LDW) juga merupakan perlengkapan standar BYD T35.
Interior truk berpenggerak roda-belakang ini berpusat pada layar 12,8 inci dengan fungsi asisten pintar pengenal suara, dan dilengkapi dengan setir yang terasa seperti mobil penumpang, kursi pengemudi berventilasi, kursi berpemanas, konsol tengah yang dapat menyimpan berkas-berkas A4, pengisi daya nirkabel, dan banyak lagi. Meskipun merupakan kendaraan komersial, namun menawarkan interior yang nyaman.
Layaknya mobil penumpang BYD, BYD T35 dilengkapi dengan fungsi OTA (Over The Air) yang memungkinkan pembaruan, penyempurnaan, dan penambahan fungsi lainnya software, memastikan sistem terus berkembang ke versi terbaru. Kendaraan ini juga mendukung fungsi-fungsi koneksi yang sangat praktis seperti menyalakan AC dari jarak jauh, mengoperasikan kunci pintu, dan memeriksa lokasi kendaraan melalui aplikasi ponsel pintar.
BYD T35 dilengkapi dengan fungsi V2L (daya maksimum 10 kW) yang memungkinkan pasokan daya dari luar kendaraan, sehingga cocok digunakan sebagai sumber daya di perkemahan, tempat acara, dan lokasi lainnya.
BYD T35 akan dijual di Jepang pada musim semi 2026. ##
















