Jakarta — PT BYD Motor Indonesia menunjukkan kepedulian terhadap para korban bencana alam Sumatera. Pabrikan mobil listrik ini menyalurkan bantuan tanggap darurat melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) BYD Care.
Dalam proses BYD Care, mereka berkoordinasi dengan pemerintah-pemerintah daerah dan pihak terkait untuk memastikan bantuan dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan menjangkau keluarga yang membutuhkan di tengah situasi darurat.
Penyaluran bantuan telah dimulai sejak 3 Desember 2025, di mana BYD berfokus menjangkau wilayah-wilayah yang terdampak banjir dan longsor di Sumatera. Di bagian Sumatera Utara, bantuan diberikan ke daerah Sibolga, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Langkat, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Selatan. Bantuan ini diberikan secara langsung untuk memastikan bantuan logistik mendasar dan kebutuhan mendesak dapat segera diterima oleh masyarakat yang terdampak bencana.
Sebagai simbol dari kolaborasi dan keseriusan dalam mendukung percepatan pemulihan, donasi BYD diserahkan secara langsung kepada perwakilan pemerintah daerah. Dalam penyerahan simbolis tersebut, bantuan BYD diterima secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Kepala BNPB Sumatera Utara, serta Pemerintah Kota Sibolga. Kehadiran pemerintah provinsi dan kota menegaskan sinergi yang terbangun antara BYD dan pemangku kepentingan di daerah, sehingga proses distribusi dapat berjalan lebih terarah dan menjangkau titik-titik yang paling membutuhkan.
Sementara di Sumatera Barat, dukungan akan disalurkan ke Kota Padang, Kabupaten Solok, serta Kabupaten Padang Panjang dimana berkoordinasi secara langsung dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat serta penyaluran khusus bersama dengan Walikota Padang.
BYD juga akan mengirimkan bantuan untuk wilayah Aceh di beberapa area terdampak yang masih berlangsung hingga minggu ini. Secara keseluruhan, dukungan yang sudah disalurkan BYD Indonesia untuk wilayah Sumatera Utara mencapai sekitar 1 miliar rupiah, yang kemudian dilanjutkan dengan penyaluran bantuan ke Provinsi Sumatera Barat dan Aceh. Dengan perluasan jangkauan tersebut, total bantuan yang disalurkan mencapai sekitar 1,5 miliar rupiah dimana bantuan ini mencakup pangan pokok dan perlengkapan kebutuhan dasar yang bertujuan untuk menopang keluarga memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pemulihan.
“Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga yang terdampak bencana alam di wilayah Sumatera. Kami memahami betapa beratnya keadaan yang harus dihadapi banyak warga, mulai dari mengungsi hingga memenuhi kebutuhan harian di tengah kondisi yang serba terbatas. Karena itu, BYD berusaha hadir secepat mungkin untuk memberikan bantuan yang dapat menopang kebutuhan mendasar. Harapan kami, kondisi di wilayah terdampak bisa segera pulih dan masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan baik,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.
Untuk memastikan bantuan tersalurkan secara cepat dan tepat, BYD juga bekerjasama dengan jaringan dealer resmi BYD di Sumatera, yaitu Arista Group dan Bipo. Dengan dukungan operasional dan jangkauan wilayah masing-masing, proses distribusi dapat dilakukan secara terstruktur ke titik-titik yang paling membutuhkan, termasuk area dengan akses yang cukup menantang akibat banjir dan longsor. ##

















