MUNICH – BMW iX akan mengubah konsep Sports Activity Vehicle (SAV) BMW yang sukses selama ini. Ini adalah model pertama berdasarkan toolkit baru, modular, dan dapat diskalakan di mana masa depan BMW Group akan dibangun.
Pengembangan dan produksi BMW iX mengikuti pendekatan keberlanjutan yang mencakup semua yang melibatkan kepatuhan dengan standar lingkungan dan sosial ketat dalam ekstraksi bahan mentah, ditambah penggunaan listrik dari sumber terbarukan dan proporsi tinggi bahan daur ulang dalam campuran.
“Teknologi mendorong kemajuan yang kami butuhkan untuk mengatasi tantangan terbesar sekalipun. Ini berlaku khususnya untuk perlindungan iklim,” kata Oliver Zipse, Ketua Dewan Manajemen BMW AG. “Kami tidak ragu: mobilitas harus berkelanjutan jika ingin mewakili solusi yang benar-benar luar biasa. Untuk BMW Group, mobilitas premium tidak mungkin terjadi tanpa tanggung jawab. ”
Peluncuran pasar BMW iX akan dimulai pada akhir tahun 2021 dengan pendekatan dua arah – dalam bentuk BMW iX xDrive40 dan BMW iX xDrive50.
“Kami sudah menetapkan harga untuk Jerman. Misalnya, BMW iX xDrive40 akan mulai dari 77.300 EUR (setara dengan Rp 1,3 miliar), yang membuatnya setara dengan BMW X5 dengan mesin pembakaran konvensional. Selain itu, para pelanggan kami sekarang akan mendapatkan keuntungan dari penambahan baru pada berbagai fungsi kendaraan yang dapat diunggah ke mobil mereka selama kepemilikan, dan menikmati proses konfigurasi mulus dan sangat berorientasi pelanggan dengan produk dan layanan yang dipersonalisasi,” ujar Pieter Nota, Member of the Board of Management of BMW AG, responsible for Customer, Brands and Sales.
Motor-motor listrik BMW iX berdesain yang memungkinkan dihindarinya penggunaan logam tanah jarang. Mereka bekerja sesuai dengan prinsip motor sinkron arus-tereksitasi. Eksitasi rotor pada motor-motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi oleh energi listrik. Ini menghilangkan kebutuhan akan bahan-bahan penting yang digunakan untuk membuat magnet, dan oleh karena itu BMW Group tidak bergantung pada ketersediaannya.
Desain khusus ini juga memiliki efek positif pada karakteristik performa motor. Eksitasi yang dikontrol dengan tepat dari rotor menggunakan tenaga listrik memungkinkan torsi puncak berada di tekan penuh segera saat menarik diri. Dan – tidak seperti motor listrik dengan desain konvensional – torsi dipertahankan pada rentang putaran yang sangat lebar. Ciri khas dari pengalaman berkendara di atas BMW iX adalah, pengembangan tenaga yang tidak hanya secepat kilat tetapi juga sangat konsisten, menggarisbawahi keunggulan sportif khas merek mobil tersebut.
Di BMW iX xDrive50, sistem penggerak – yang menampilkan satu motor listrik di gandar depan dan satu lagi di gandar belakang – menghasilkan total output lebih dari 370 kW / 500 hp dan memungkinkan akselerasi 0 hingga 100 km / jam (62 mph) dalam waktu kurang dari 5.0 detik. BMW iX xDrive40 memiliki output lebih dari 240 kW / 300 hp, memungkinkannya untuk berlari dari 0 hingga 100 km / jam (62 mph) dalam waktu lebih dari 6,0 detik.
Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX bergabung sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu wadah. Konstruksi compact ini juga menguntungkan efisiensi sistem penggerak. Konsumsi daya listrik rata-rata dalam siklus WLTP kurang dari 21 kWh per 100 kilometer (62 mil) untuk BMW iX xDrive50 dan di bawah 20 kWh per 100 kilometer (62 mil) untuk BMW iX xDrive40.
Berbicara daya jelajah BMW iX xDrive50 lebih dari 600 kilometer (373 mil) dalam siklus uji WLTP. Dan jangkauan perhitungan WLTP dari BMW iX xDrive40 lebih dari 400 kilometer.
Teknologi pengisian daya baru BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi. BMW iX xDrive50 dapat mengisi ulang baterai bertegangan tinggi hingga 200 kW, sedangkan kapasitas pengisian maksimum BMW iX xDrive40 adalah 150 kW. Itu berarti bahwa waktu plug-in sepuluh menit memberikan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 120 kilometer (75 mil) / 90 kilometer (56 mil). Pada kedua varian model, pengisian daya baterai bertegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80 persen dari kapasitas penuhnya dalam waktu kurang dari 40 menit. ##