Jakarta – Jajaran mobil mewah akan meramaikan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Bahkan, pameran otomotif selama 10 hari pada 10-19 Maret 2023 itu akan sajikan yang terbaik dari industri otomotif dan lifestyle.
Pameran ini akan hadirkan beragam merek kendaraan yang lebih lengkap dengan kembalinya merek-merek mobil mewah. GJAW x Lifestyle 2023 akan fokus pada peluncuran kendaraan terbaru dan promo yang dihadirkan langsung oleh para anggota GAIKINDO.
Adapun brand mobil mewah yang dipastikan hadir adalah, Mercedes-Benz, Lexus, BMW M dan Porsche. Pada GJAW 2023, diprediksi Lexus bakal meluncurkan mobil listrik RZ untuk market Indonesia. Selain itu, Porche tidak hanya pamerkan koleksi mobil premium tapi juga akan hadirkan model mobil listriknya.
“Hadirnya merek-merek mobil premium di GJAW, menunjukkan bahwa kebutuhan akan merek-merek premium memang ada dan para pelaku memutuskan untuk memperkenalkan produk unggulannya di pameran ini. Dan hal ini tentu menunjukkan posisi penting GJAW, bukan hanya untuk eksistensi merek, namun juga untuk mendorong penjualan,” ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO.
GAIKINDO mencatat, angka penjualan mobil sepanjang Januari hingga Desember 2022 mampu mencapai 32,1 persen menjadi 8.981 unit (wholesales). Kondisi ini, sejalan dengan pertumbuhan pasar roda-empat atau lebih secara nasional di periode sama, yang naik 18 persen secara tahunan alias dari 887.202 unit menjadi 1.048.040 unit.
Menariknya dari data tersebut, mobil BMW kini tidak lagi berada pada urutan pertama sebagai mobil mewah terlaris. Posisinya sudah digantikan dengan Mercedes-Benz yang selisihnya cukup tipis.
Lebih detail, penjualan wholesales Mercedes-Benz selama periode tersebut mencapai 3.235 unit, naik 54,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara untuk mobil BMW, tercatat penjualan sebanyak 2.892 unit.
Pada penjualan ritel, persaingan juga nampaknya sangat ketat. Mercedes-Benz bukukan penjualan mobil sebesar 3.184 unit, sementara untuk BMW terpaut 161 unit yakni 3.023 unit.
Menempati posisi ketiga penjualan 2022, ditempati oleh Lexus dengan rata-rata penjualan sebanyak 1.000 unit. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kinerja perseroan tahun lalu, di mana wholesales-nya 972 unit dan penjualan ritel 1.000 unit.
Pada pameran GJAW 2023, diharapkan bisa kembali meningkatkan gairah penjualan mobil premium di Indonesia. Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, berbagai promo yang akan hadir pada penyelenggaraan GJAW 2023 dan menjadi kekuatan utama untuk mendongkrak angka penjualan industri otomotif Indonesia.
“Jika selama ini pergerakan angka penjualan terlihat kencang di semester II, maka dengan kehadiran GJAW, Gaikindo ingin memulai pergerakan pasar terlihat sejak awal tahun. Karena itu GJAW akan menggenjot penjualan dengan berbagai penawaran dan promosi dari para merek otomotif,” pungkas Nangoi. ##