Minggu, Juni 1, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

GIIAS 2024: Astra Financial Taklukkan Kelesuan Pasar Otomotif

by Arbi Darmawan
Agustus 9, 2024
Astra Financial
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta — Pascakpenurunan kinerja otomotif nasional sepanjang semester I 2024 dibandingkan periode yang sama tahun 2023 (408 ribuan unit vs. 502 ribuan unit), pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di Tangerang, lalu, diharapkan menjadi stimulus untuk semester II tahun ini.

Bagaimana tidak, GIIAS 2024 telah menjadi GIIAS terbesar sepanjang sejarahnya. Dari sisi luasan lahan pameran yang digunakan bertambah 1 hall menjadi 11 hall. Total kawasan pameran menjadi 120.000 meter persegi.  Jumlah pesertanya pun terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya dengan total lebih dari 55 merek mobil penumpang, kendaraan komersial, sepedamotor serta lebih dari 120 merek dari industri pendukung otomotif telah berpartisipasi pada gelaran berskala internasional ini. Beberapa brand tampil perdana di GIIAS seperti BAIC, VinFast, BYD, Jetour.

Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mencatat jumlah peluncuran dan perkenalan kendaraan roda-empat dan lebih, sebanyak 68 mobil penumpang dan komersial. Dari total tersebut terdapat satu world premiere mobil penumpang, kendaraan komersial, serta kendaraan konsep. Jumlah kendaraan yang diluncurkan dan dikenalkan tersebut memecahkan rekor sebelumnya.

Baca Juga :

XPENG G6 dan X9 bisa dipesan, ada penawaran eksklusif

Aplikasi WANDA dilengkapi fitur pengingat servis rutin

Ketangguhan Jeep Wrangler dipamerkan di film Mission Impossible

Pameran yang diselenggarakan dari 18-28 Juli 2024 itu juga menjadi tempat peluncuran untuk 5 model sepedamotor dengan teknologi terkini.

Selain itu, GIIAS 2024 pun berhasil menjadi GIIAS paling banyak dikunjungi setelah pelaksanaan tahun 2019 sebagai puncaknya selama bertahun-tahun. Tahun ini GIIAS menyedot 475.084 pengunjung, sementara pada penyelenggaraan tahun 2019 sebanyak 472.956 orang.

Sejumlah brand telah mengabarkan kenaikan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) di GIIAS 2024, meski tidak sedikit brand dengan jumlah SPK lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya.

Kia menorehkan 571 SPK, sementara pada tahun sebelumnya 556 SPK. Wuling mencatatkan angka 2.301 SPK (1.771 SPK tahun 2023). Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif nasional selama puluhan tahun mendulang hasil positif dengan total 6.202 SPK (5.796 SPK tahun 2023).

Kesuksesan GIIAS 2024 pun dinikmati oleh Astra Financial bersama 10 unit bisnisnya FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa dan Bank Saqu.

Sebagai Platinum Sponsor GIIAS selama 6 tahun beruntun sejak 2018 (tahun 2020 pameran tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19), Astra Financial dengan layanan holistiknya — solusi semua kebutuhan keuangan konsumen mulai dari pembiayaan kendaraan bermotor, usaha, asuransi hingga tabungan — sukses melampaui target dengan nilai transaksi yang dibukukan mencapai Rp2,53 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 4,70% dibanding tahun sebelumnya. Sementara jumlah pencapaian penyaluran tercatat sebanyak 6.780 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk kendaraan roda-empat dan kendaraan roda-dua.

“Sebelumnya, kami menargetkan nilai transaksi yang setidaknya sama dengan tahun lalu sebesar Rp2,80 triliun untuk GIIAS Tangerang dan Surabaya. Sampai penutupan pameran di Tangerang nilai transaksi yang diraih telah mencapai Rp2,53 triliun atau melebihi 100% dari target yang dicanangkan sebesar Rp2,30 triliun,” Suparno Djasmin selaku Director-in-Charge Astra Financial.

Dua perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor roda-empat dari Astra Financial yakni Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAF) meningkat 4,80% secara tahunan menjadi senilai Rp2,47 triliun dari 6.210 SPK dibanding GIIAS 2023.

Berdasarkan transaksi yang terjadi di Astra Financial selama pelaksanaan GIIAS, Tangerang, komposisi pembiayaan mobil Internal Combustion Engine (ICE) paling dominan yakni sebanyak 4.865 unit atau 78,34%. Kemudian peringkat kedua diduduki oleh Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebanyak 1.261 unit, atau 20,31%. Sementara di posisi ketiga Battery Electric Vehicle (BEV) sebanyak 84 unit atau 1,35%.

Masih di sektor bisnis pembiayaan otomotif. FIFGROUP mengukir transaksi pembiayaan sepedamotor Honda mencapai Rp12,42 miliar. Dari sisi jumlah unit yang dibiayai hampir sama dengan capaian tahun lalu, yakni dari 567 unit menjadi 570 unit atau meningkat 0,50%.

Penyedia perlindungan kendaraan bermotor, Asuransi Astra, membukukan nilai premi untuk asuransi pembelian tunai mencapai Rp2,78 miliar. Angka tersebut naik 21,40% dibanding GIIAS 2023 yang tercatat senilai Rp2,28 miliar. Perusahaan proteksi jiwa, Astra Life membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp27,01 miliar dibanding GIIAS 2023 yang mencapai Rp26,68 miliar atau meningkat 1,20%.

SEVA sebagai platform pencarian mobil yang menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen berhasil mencatatkan 4.567 Instant Approval atau meningkat 16.9% dibanding tahun lalu.

AstraPay sebagai pendukung transaksi keuangan digital mencatatkan lebih dari 29.000 transaksi, jauh melampaui target dengan pencapaian sebesar 182%. Nilai transaksi tersebut mencapai Rp3,43 miliar atau meningkat 154,07% dibanding tahun lalu senilai Rp1,35 miliar.

Maucash yang bergerak dalam bidang fintech P2P Lending berhasil mencatatkan disburse Rp121 miliar, di mana angka ini 22% lebih tinggi dibandingkan tahun 2023.

Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mencapai jumlah registrasi akun baru 3.572 akun atau naik 106,0% dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.734 akun.

Unit bisnis terbaru Astra Financial, Bank Saqu, juga mencatatkan respon yang positif. Produk digital bank dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) ini menampilkan transaksi sebanyak 13.303 transaksi terbentuk, dengan pencapaian target sebesar 190,0%. BJJ diakuisisi oleh Astra Financial sejak September 2022.

Tan Chian Hok selaku Project Director Astra Financial GIIAS 2024 mengakui semua pencapaian tersebut tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial. Selain itu didorong oleh beragam promo menarik untuk para pengunjung GIIAS 2024 untuk memiliki kendaraan impian mereka.

Selepas GIIAS 2024 di Tangerang, Astra Financial bersiap mendukung pameran yang sama di Surabaya, di mana akan diselenggarakan dari 28 Agustus – 1 September mendatang di Grand City Convex. ##

Tags: ASTRA CREDIT COMPANIESAstra FinancialAstra LifeAstraPayAsuransi AstraBank SaquFIFGROUPGIIAS 2024MaucashMoxaSEVAToyota Astra Financial Services
Previous Post

Dua Wanita Pereli Nasional akan Berlaga Lagi di AXCR

Next Post

Beragam Promo Menarik Antarkan AstraPay Raih Hasil Positif di GIIAS 2024

Related Posts

XPENG G6
Berita

XPENG G6 dan X9 bisa dipesan, ada penawaran eksklusif

Juni 1, 2025
Aplikasi WANDA
Berita

Aplikasi WANDA dilengkapi fitur pengingat servis rutin

Mei 31, 2025
Mission Impossible
Berita

Ketangguhan Jeep Wrangler dipamerkan di film Mission Impossible

Mei 31, 2025
MG Motor Indonesia
Berita

MG pamer deretan mobil elektrifikasi di IIMS Surabaya 2025

Mei 31, 2025
Suzuki Fronx
Berita

Suzuki Fronx terdepan di kelasnya dalam urusan fitur keselamatan

Mei 30, 2025
Suzuki Fronx
Berita

Berlimpah fitur, harga Suzuki Fronx dari Rp259 juta

Mei 30, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.