BRACKNELL – Honda meluncurkan all-new Honda Vezel 2021 atau all-new Honda HR-V 2021 di Jepang. Terdapat versi Honda HT-V e:HEV atau Honda HR-V hybrid dan versi mesin bensin.
Dengan desain yang lebih futuristic dan modern, all-new Honda HR-V 2021 memiliki dimensi yang mirip dengan model sebelumnya. Namun ground clearance lebih tinggi 10 mm dan reduksi atap 20 mm.
Ukuran roda compact SUV ini lebih besar menjadi 18”. Overhang depan dipangkas.
Harga Honda HR-V 2021 dari 2,279,200 yen atau setara dengan Rp 306 jutaan hingga 3,118,500 yen atau sekitar Rp 418 juta.
Dapur pacu
Dua versi Honda HR-V 2021 dimodali dengan mesin 1.500cc, 4-silinder, i-VTEC, namun untuk versi hybrid diimbuhi 2 motor listrik. Gabungan antara mesin bensin dan dua motor listrik menghasilkan tenaga 131 PS dan torsi maksimal 253 Nm pada 4,500 rpm. Sementara transmisi CVT diambil dari Honda Jazz.
Pengaturan e: HEV mencakup tiga mode penggerak yang dapat dipertukarkan, secara otomatis dipilih untuk persyaratan mengemudi yang berlaku. Untuk efisiensi tertinggi, Honda HR-V bekerja dalam mode listrik, dengan mulus berubah ke mode hibrida saat mesin berada di bawah permintaan torsi tinggi, dengan mesin bensin digunakan saat mengemudi pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih konstan.
Masing-masing versi tersedia dalam opsi front-wheel drive (FWD) dan four-wheel drive (4WD).
Dinamika berkendara ditingkatkan melalui berbagai mode kinerja – Sport, Normal dan Econ, sedangkan mode penggerak tambahan B dapat dipilih melalui perpindahan gigi untuk pengereman regeneratif yang lebih kuat dan pengalaman lebih mirip EV. Tingkat regenerasi energi dan kekuatan efek deselerasi dapat disesuaikan dengan preferensi pengemudi dengan menggunakan Deceleration Selector di belakang setir, untuk memberikan berbagai pengalaman berkendara.
Konektivitas
All-new Honda HR-V 2021 menyodorkan konektivitas dalam mobil tanpa batas. Ini memungkinkan pemilik untuk terhubung dengan kehidupan sehari-hari mereka dengan mudah. Interface layar sentuh LCD “9″ intuitif dirancang untuk meminimalkan gangguan pengemudi, dengan lapisan menu disederhanakan dan dapat disesuaikan sepenuhnya sehingga memungkinkan akses mudah ke fitur dan kontrol yang nyaman. Waktu operasi HMI jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem HMI model sebelumnya, membuatnya cepat dan mudah untuk beralih antara Apps dan memberikan respons cepat ke input dan perintah. Pengemudi juga dapat memutuskan berapa banyak informasi sistem bantuan pengemudi canggih yang ditampilkan pada pengukur 7 ”TFT e: HEV, untuk lebih mengurangi gangguan saat mengemudi.
Interface, yang dinavigasi menggunakan kontrol gaya smartphone yang sudah dikenal, juga memungkinkan pencerminan (mirroring) Ponsel melalui Apple CarPlay (melalui Bluetooth, WiFi atau kabel) dan Android Auto (kabel). Pembaruan perangkat lunak melalui udara memungkinkan peningkatan ke fitur dan aplikasi terbaru.
Peningkatan Keselamatan
Honda SENSING hadir di Honda HR-V untuk pertama kalinya dan dilengkapi dengan rangkaian lengkap teknologi keselamatan canggih dan alat bantu pengemudi terdepan di kelasnya. Honda SENSING™ yang sudah di-upgrade termasuk aplikasi kamera depan monokuler baru yang lebih luas dan berdefinisi lebih tinggi serta chip pemrosesan gambar berkecepatan tinggi yang ditingkatkan dari kombinasi kamera dan sensor radar sebelumnya. Ini juga mencakup, peningkatan pengoperasian Sistem Kemudi Mitigasi Tabrakan Pejalan Kaki dan Sistem Rem Mitigasi Tabrakan (CMBS) di malam hari, yang sekarang mendeteksi kendaraan lain yang melintas di jalur mobil, termasuk pengendara sepeda dan sepedamotor, dan pengaplikasian rem.
Beberapa teknologi lain yang berada di bawah paying Honda SENSING adalah: Adaptive Cruise Control (ACC) baru, Blind Spot Information dan lain-lain.
Kini kita tunggu apakah all-new Honda HR-V dan Honda HR-V hybrid akan ke Indonesia atau tidak. ##